Tempat Wisata Alam Paling Eksotis di Nusa Tenggara Barat

Mempunyai wilayah berbentuk kepulauan, provinsi Nusa Tenggara Barat mempunyai banyak tempat wisata alam eksotis yang pmembuat wisatawan pasti terkagum-kagum. Berikut adalah beberapa tempat wisata alam paling eksotis di nusa tenggara barat yang membuat pengunjungnya betah dan tak ingin pulang.

1. Pulau Moyo

Tempat Wisata Alam Eksotis di Nusa Tenggara Barat

Salah satu tempat wisata alam paling eksotis di Nusa Tenggara Barat yang bisa menjadi referensi untuk berwisata adalah Pulau Moyo. Pulau yang terletak di sebelah utara pulau sumbawa ini  memiliki luas 350 km2 dan garis pantai 88 km.

Meski tak seterkenal pulau sumbawa  maupun pulau lombok, pulau moyo ini sering menjadi tempat berlibur para publik figur internasional. Putri Diana, Mick Jagger, Maria Sharapova adalah beberapa publik figur yang sudah menyaksikan keeksotisan pulau moyo ini.

Di pulau moyo ini terdapat cagar alam taman nasional yang menjadi habitat bermacam hewan dan juga dikelilingi terumbu karang yang indah. Selain cagar alam tersebut, di pulau moyo juga ada air terjun Mata Jitu yang juga sudah populer di kalangan wisatawan.

Pulau Moyo juga memiliki beberapa pantai eksotis yang bisa dikunjungi seperti pantai tanjung pasir dan Tekat Sagele yang mempunyai spot snorkeling yang terbaik. Fasilitas homestay dan resort juga sudah banyak tersedia bagi pengunjung yang ingin menginap.

Saat terbaik mengunjungi pulau moyo adalah musim kemarau bulan Juni atau Juli kerena saat itu gelombang air laut sedang tenang. Untuk berkunjung ke Pulau Moyo ini bisa melalui jalur darat maupun udara.

Jika melalui Jalur darat, setelah tiba di  pelabuhan kayangan, lombok timur  kemudian menyebrang menuju Poto Tano di sumbawa Barat. Perjalanan kemudian dilanjuntkan menggunakan Jalur darat ke Sumbawa Besar untuk akhirnya menyebrang lagi menggunakan kapal laut ke Pulau Moyo.

Jika mengunakan Jalur udara, pengunjung dapat memilih penerbangan menuju bandara Sultan Kaharuddin kemudian melanjutkan dengan perjalanan laut menuju Labuhan Aji. Meski perjalanan ini memakan waktu tempuh yang lama, namun akan terbayarkan dengan beragam keeksotisan pulau moyo..

Baca Juga : Mencari Tempat Wisata Alam di Jakarta

2. Pantai Senggigi

Tempat wisata alam paling eksotis di Nusa Tenggara Barat  lainnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Senggigi.  Pantai Senggigi ini mempunyai panorama alam yang indah yang membuat banyak turis asing sering berlibur ke sini.

Air lautnya yang begitu jernih dan ombaknya yang tidak besar menjadikan pantai senggigi ini juga bisa menjadi tempat untuk snorkelling. Garis pantainya yang cukup panjang juga banyak dimanfaatkan  untuk jogging di pagi hari ataupun sambil menunggu sunses dengan background gunung agung.

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah berenang, bermain kano, dan juga surfing di pinggir pantai maupun tengah laut.

Masih berada kawasan dari pantai senggigi terdapat suatu tempat yang di Sebut Batu bolong. Di Batu Bolong ini pengunjung akan melihat sebuah Pura tempat suci umat hindu yang dibangun di atas batu karang hitam.

Tak jauh dari dari Batu bolong terdapat suatu tempat yang disebut  batu layar yang merupakan tempat wisata religi umat muslim. Di batu layar ini juga diadakannya acara tahunan suku sasak yaitu lebaran topat yang diadakan 1 minggu setelah lebaran idul fitri.

Wisata kuliner yang ditawarkan di kawasan pantai senggigi ini juga beragam konsep mulai dari tongkrongan anak muda hingga yang mewah.  Menu kuliner khas Lombok seperti ayam Taliwang, plecing kangkung, dan juga makanan lainnya juga mudah ditemui disini.

Dari pusat Kota Mataram hanya membutuhkan waktu 30 menit saja menggunakan mobil atau motor untuk menuju ke pantai senggigi. Harga tiket masuk yang ditawarkanpun juga tidak terlalu mahal, hanya 15.000 rupuah saja per orang.

Bagi pengunjung yang ingin membeli souvenir khas lombok, pantai senggigi juga ada beragam toko yang menjual oleh-oleh atau souvenir tersebut,

3.  Gunung Tambora

Tempat Wisata Alam Eksotis di Nusa Tenggara Barat

Gunung Tambora ini merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata paling eksotis di Nusa Tenggara Barat. Gunung setinggi kurang lebih 2.850 mdpl ini mampu memikat banyak wisatawan untuk mendaki karena panorama alamnya yang indah.

Gunung ini mempunyai lebar kawah sebesar 7 km dengan kedalaman 800 meter sehingga menjadi kawah terbesar di Indonesia. Kawah tersebut terbentuk akibat letusan yang dahsyat yang terjadi tahun 1815.

Letusan tersebut menyebabkan kematian sekitar 71.000 orang dengan 11.000 hinnga 12.000 orang langsung meninggal akibat letusan tersebut. Letusan gunung ini bisa terdengar hingga ke pulau sumatera dan abu vulkaniknya menyebar hingga Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku,

Letusan ini juga mengakibatkan perubahan iklim drastis di Amerika Utara dan Eropa juga banyaknya gagal panen serta ternak yang mati.

Hal lain yang bisa ditemui di Gunung Tambora ini adalah padang pasir yang luas yang ditumbuhi bunga edelwies kerdi.  Di gunung Tambora ini memang menjadi habitat dari beragam flora dan fauna seperti edelwies, anggrek, rusa timur, kere berekor panjang dan masih banyak lainnya.

Beragamnya flora dan fauna di Gunung Tambora ini dikarenakan Di gunung ini dibangun 2 kawasan untuk konservasi flora dan fauna. Tambora Utara Wildlife Reserve yang difungsikan untuk tangkapan air. Tambora Selatan Hunting Park yang difungsikan secara khusus untuk berburu,.

Jalur pendakian yang resmi di Gunung Tambora ini adalah melalui Dusun Pancasila. Untuk menuju ke Dusun ini bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi,

4. Gili Trawangan 

Tempat Wisata Alam Eksotis di Nusa Tenggara Barat

Tempat wisata paling eksotis di Nusa Tenggara Barat ini juga sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun luar negeri. Gili Terawangan ini sebenarnya merupakan 1 dari 3 gili atau pulau kecil Di lombok barat yang menawarkan berjuta keindahan di dalamnya.

Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Gili Trawangan mempunyai garis pantai menawan, dan alam bawah lautnya yang indah. Pengunjung bahkan bisa melihat keindahan alam bawah laut dengan mata telanjang karena air lautnya yang begitu jernih dan bersih.

Udara di Gili trawangan inipun masih segar dan bersih alami karena belum terpapar polusi. Wilayah Gili Trawangan ini memang bebas dari kendaraan bermotor karena sudah menjadi peraturan adat di tempat tersebut. Sebagai gantinya, pengunjung dapat menyewa sepeda untuk berkeliling di tempat tersebut.

Selain sepeda, pengunjung juga dapat berkeliling menggunakan cidomo atau delman khas lombok. Kendaraan tradisional ini juga biasa digunakan warga lokal disana untuk mengangkut berbagai barang keperluan seperti sembako, air, dan yang lainnya.

Salah satu kelebihan gili trawangan ini dibandingkan dengan pantai lainnya adalah kita dapat melihat sunset dan juga sunrise. Ini dikarenakan Gili trawangan mempunyai pantai yang mengadap ke timur dan juga barat yang jaraknya tidak terlalu jauh..

Berbicara tentang sejarah di gili trawangan ini, Banyak yang tidak tahu kalau dahulu pulau ini pernah menjadi tempat pembuangan narapidana. Jadi, raja bali yang berkuasa saat  memutuskan untuk membuang 350 orang tahanan suku sasak yang dianggap pemberontak ke Gili trawangan.

Demikian lah beberapa rekomendasi tempat wisata paling eksotis di Nusa Tenggara Barat yang bisa menjadi referensi liburanmu. Bagaimana? Apa tempat-tempat wisata ini juga sudah masuk dalam agenda liburanmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top