Pantai eksotis di Jogjakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi

Selain budaya nya, Jogjakarta juga mempunyai beragam pantai nan indah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ketika di Jogjakarta. Pantai-pantai tersebut terbentang di sepanjang wilayah selatan Jogjakarta, terutama di Kabupaten Gunung Kidul.

Berikut kami rekomendasikan beberapa pantai di Jogja yang dapat menjadi tempat wisata di Jogakarta  yang wajib kamu kunjungi

1. Pantai Indrayanti

Pantai pertama yang wajib anda kunjungi ketika berada di Jogjakarta, terutama ketika berada di daerah Gunung Kidul adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini sudah menjadi tempat wisata popular para wisatawan ketika berkunjung ke Jogjakarta.

Asal muasal penamaan pantai Indrayanti ini cukup unik. Jadi nama Pantai Indrayanti ini diambil dari sebuah nama restoran di pantai tersebut yang memajang papan nama “Indrayanti” sehingga banyak yang menyangka bahwa nama pantai tersebut adalah Indrayanti.

Hamparan pasir putih dan birunya laut tentu menjadi panorama keindahan pantai ini. Di sebelah kanan pantai itu juga terdapat bukit yang hijau yang dapat didaki untuk melihat pemandanga pantai yang lebih luas lagi.

Di pantai ini juga sudah berjejer beragam restoran untuk berwisata kuliner dan juga cottage bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitaran pantai Indrayati ini. Harga tiket masuk untuk ke pantai Indrayanti ini adalah sebesar 5.000 rupiah per orang

2. Pantai Baron

Pantai di Jogakarta yang wajib diunjungi

Pantai Baron menjadi salah satu pantai di Jogakarta yang wajib diunjungi

Pantai di Jogjakarta lainnya yang banyak dijadikan tempat wisata baik wisatawan local maupun asing adalah pantai Baron. Pantai ini sebenarnya merupakan telik yang diapet oleh dua tebing.

Salah satu keunikan  yang ada di pantai Baron ini adalah adanya aliran sungai air tawar yang mengalir di bawah tebing pantai tersebut. Pengunjung pun juga diperbolehkan untuk berenang di pantai ini hingga batas yang sudah ditentukan pihak pengelola.

Di pantai Baron ini juga banyak dijajakan beraneka makanan laut dengan harga yang terjangkau dan juga dijamin kesegarannya.  Selain makanan laut juga tersedia beragam kuliner lainnya seperti soto, atau bakso.

3. Pantai Sepanjang

Sesuai dengan namanya, pantai ini mempunyai garis bibir pantai yang cukup panjang, bahkan di klain sebagai pantai terpanjang di Gunung Kidul, Jogjakarta.

Pantai ini belum banyak dijamah para wisatawam sehingga masih terlihat indah alami dan bersih dari sampah. Di pantai ini kita dapat melihat suasana pantai sambil duduk beristirahat di gubung-gubung yang sudah disediakan. Di pantai ini juga terdapat dua bukit yang menjadi tempat masyarakat sekitar pantai tersebut tinggal dan juga bercocok tanam

Lokasi Pantai Sepanjang ini berada 65 km dari pusat kota Jogjakarta. Untuk masuk ke Pantai sepanjang ini, para pengunjung dikenakan biaya 10.000 rupiah per orang.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Malang

4. Pantai Parangritis

Pantai Parangritis

Nama pantai ini pasti sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita.. Pantai ini sudah sangat tersohor dengat mitos Nyi Roro Kidulnya. Selain itu, pantai ini ternyata juga mempunyai pemandangan alam yang tak kalah menariknya.

Di pantai ini, selain pengunjung bisa menikmati pemandangan alamnya yang indah, pengunjung juga bisa bermain layangan dan  menyewa ATV sebesar 50.000 rupiah untuk berkeliling di pantai parangritis/

Pantai ini belokasi sekitar 27 km dari kota Jogjakarta dan pengunjung bisa menikmati pantai ini dari pagi hingga sore hari.

5. Pantai Pandansari

pantai pandansari

Pantai yang lokasinya tak jauh dari pantai parangritis ini mempunyai mercusuar setinggi 30 Meter dan tanaman cemara laut yang rindang sebagai ciri khasnya. Panorama khas pantai selatan yang indah pun tentu juga bisa membuat pengunjung yang datang terkesan.

Untuk menuju ke puncak menara mercusuar yang ada di pantai pandansari memang sedikit memerlukan perjuangan. Pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga untuk dapat sampai ke puncak mercusuar tersebut. Namun. tenang, perjuangan ini tidak akan sia-sia karena ketika samapai di atas kita bisa melihat pemandangan indah pantai ini secara lebih luas lagi.

Kita juga tentu bisa berenang maupun bermain pasir di Pantai ini. Namun kita tetap harus berhati-hati karena ombak di pantai ini cenderung besar.

6. Pantai Krakal

Pantai Krakal[

Pantai ini memiliki memiliki dua batu karang besar yang menjadi ciki khasnya. Batu karang ini berwarna hitam dan dipenuhi dengan berbagai tumbuhan hijau. Banyak pengunjung yang mendaki batu karang ini untuk mendapatkan spot foto yang terbaik.

Sebagai salah satu tempat wisata favorit yang ramai pengunjung, tentu berbagai fasilitas juga sudah lengkap disediakan pihak pengelola untuk memanjakan dan memnuhi kebutuhun para pengunjung yang datang.

Berbagai faslilitas tersebut antara lain adalah tempat makan , penginapan, dan juga sarana lainnya bagi pengunjung untuk melakukan beragam aktivitas di pantai krakal ini seperti, surfing dan juga snorkeling

Untuk masuk ke pantai yang terletak di Desa Ngastiharjo, Tanjungsari, Gunung Kidul ini, cukup dikenakan harga tiket masuk sebesar 10.000 rupiah saja. Untuk Jam operasional pantai krakal ini dibuka mulai pukul 8.00 pagi.

7. Pantai Sundak

Tak Jauh dari pantai krakal, ada juga pantai sundak yang juga mempunyai panorama indah khas pantai selatan.. Nama sundak sendiri berasal dari pertarungan anjing dan landak yang pernah ada di pantai itu.

Jika dibandingkan pantai lainnya di wilayah gunung kidul, ukuran pantai sundak ini terbilang kecil dan juga masih jarang dikunjungi sehingga pantai ini kita bisa melihat pemandangannya secara maksimal.

Di pantai sundak warga setempat juga menyewakan gubug dengan harga sukarela untuk para pengunjung yang menginap di wilayah pantai tersebut. Selain tiu pantai tersebut juga menyediakan tempat makan yang menawarkan beragam makanan laut dengan harga yang terjangkau.

8. Pantai Parangkusumo

pantai parangkusumo jogjakarta

Selain Pantai Parangkritis, Pantai ini juga dipercaya mempunyai mitos yang berhubungan dengan ratu pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.. Banyak masyarakat yang percaya kalau pantai ini merupakan gerbang utama dari kerajaan Nyo Roro Kidul.

Namun, nuansa mistis tersebut tak mengurangi antusias para wisatawan untuk berkunjung ke pantai tersebut, karena di pantai di pantai ini juga menawarkan pemandangan pantai yang tak kalah indah.

Salah satu yang menjadi keistimewaan di pantai Parangkusumo ini adalah adanya Gumuk pasir yang membuat para pengunjung serasa padang pasir, Di gumuk pasir ini para wisatawan dapat melakukan aktivitas sandboarding atau berselancar di atas pasir, maupun hanya sekedar berfoto.

Di sebelah timur pantai tersebut juga terdapat jajaran tebing karst yang tak jauh dari situ terdapat suatu tempat yang disebut warga setempat sebqagai Watugupit yang biasa digunakan sebagai landasan untuk melakukan  olahraga paralayang.

Harga tiket masuk untuk ke pantai parangkusumo ini dibanderol seharga 3.000 rupiah saja, dan harga tiket tersebut juga sudah termasuk tiket ke pantai parangritis. Di pantai parangkusumo ini, pengunjung bisa menyewa kuda maupun ATV untuk berkeliling. Harga sewa kuda untuk berkeliling adalah sebesar 20.000 rupiah untuk 1 putara dan jika memilih untuk berkeliling menggunakan ATV, pengunjung harus mengeluarkan 50.000 rupiah untuk sewa ATV selama 15 menit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top