Objek Wisata di Karawang dan Bekasi

Karawang dan Bekasi, dua kota di Jawa Barat ini dikenal sebagai kota Industri yang dikelilingi oleh banyak pabrik. Namun ternyata,  banyak objek wisata di Karawang dan Bekasi yang bisa kamu datangi ketika libur maupun berakhir pekan..

Beikut adalah beberapa objek wisata di Karawang dan Bekasi yang bisa menjadi rekomendasi liburanmu.

1. Green Canyon Karawang

objek wisata di karawang dan bekasi

Tidak hanya Amerika saja yang punya Green Canyon, ternyata di karawang juga ada tempat wisata serupa. Green Canyon Karawang ini berlokasi di kampung Tonjong Roke, Desa Medalsari, Karawang.

Green Canyon Karawang ini berbentuk ngarai yang diapit bukit bebatuan dan ditumbuhi pohon hijau yang rimbun. Objek  wisata Green Kanyon Karawang ini masih terbilang alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

Sungai di Grenn Canyon Karawang ini hanya seluas 100 meter. Jika ingin menyusuri sungai ini bisa dengan berjalan maupun berenang. Namun pengunjung dianjurkan menyewa ban atau pelampung yang sudah disediakan untuk menyusuri sungai ini.

Bagi pengunjung yang hobi berenang di alam, harus mencoba berenang di green canyon ini. Karena nanti di ujung Green Canyon ini kamu akan mendapatkan pemandangan indah berupa air terjun 7 meter dan bisa mandi disana.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini agak cukup sulit karena minimnya petunjuk arah. Masyarakat sekitarnya pun sebenarnya lebih mengenal nama curug ciomas untuk green Canyon karawang ini. Maka dari itu, untuk ke lokasi ini juga disarankan membawa kendaraan pribadi agar lebih mudah.

Harga tiket masuk untuk menikmati Green Canyon Karawang ini cukup terjangkau, yaitu 10.000 rupiah saja. Green Canyon Karawang ini juga buka setiap hari mulai pukul 8.00 hingga 18.00 WIB

2. Pantai Samudera Baru Karawang

objek wisata di karawang dan bekasi

Pantai Samudera Baru adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Karawang. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah  yang pasti membuat pengunjungnya berdecak kagum.

Pantai ini mempunyai hamparan pasir hitam yang lembut, ombak yang cukup tenang, dan juga pemandangan sunset yang cantik. Keindahan pantai ini juga masih alami karena belum terlalu dijamah oleh pengunjung.

Di pantai ini pengunjung bisa menyewa ban untuk berenang dan juga papan seluncur untuk berselancar. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling menikmati keindahan objek wisata ini

Disini pengunjung juga bisa berwisata kuliner seafood yang dijual di kedai-kedai makanan.  Beragam penginapan pun juga ada di sekitar wilayah pantai ini bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Lokasi Pantai ini berada di Desa Sungai Buntu, Pedes, Karawang.  Pantai ini dapat ditempuh dari pusat kota karawang dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Harga tiket masuk untuk ke Pantai Samudera Baru Karawang ini adalah 15.000 rupiah per rombongan yang datang dengan motor. Untuk rombongan pengunjung yang datang dengan menggunakan mobil dikenakan 30.000 rupiah per rombongan pengunjung. Pantai ini buka 24 jam hari senin sampai dengan minggu.

3. Monumen Kebulatan Tekad  Rengasdengklok Karawang

objek wisata di Karawang dan Bekasi

Rengasdengklok adalah wilayah yang punya arti penting bagi sejarah kemerdekaan Indonesia. Kita  semua tahu di rengasdengkloklah para golongan muda “menculik” Soekarno dan Hatta untuk mempercepat proklamasi Indonesia.

“Penculikan” ini akhirnya melahirkan kesepakatan antara golongan tua dan golongan muda berupa penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Penyusunan naskah proklamasi tersebut akhirnya dilakukan di rumah milik seorang petani bernama Djiauw Kie Siong.

Karena punya sejarah yang penting, di tempat “penculikan” tersebut akhirnya dibangunlah monumen kebulatan tekad rengasdengklok. Monmen ini berada di lahan seluas 150 m2 dan juga dulu merupakan berkas markas tentara PETA (Pembela Tanah Air)

Di dinding monumen ini terdapat teks proklamasi yang menopang sebuah bola bertuliskan 17 Aug 1945 dan juga kepalan tangan sebagai tanda kebulatan tekad. Di belakangnya terdapat relief yang menceritakan peristiwa di rengasdenglok tersebut.

Lokasi monumen kebulatan tekad rengasdenglok ini tepatnya berada di Desa Rengasdengklok Selatan, Rengasdenglok, Karawang dan sangat dekat dengan Sungai Citarum. Monumen ini buka setiap hari selama 24 jam dan pengunjung tidak perlu membayar untuk masuk ke monumen ini.

4. Waterboom Lippo Cikarang, Bekasi

objek wisata di karawang dan bekasi

Objek wisata di Bekasi ini menghadirkan berbagai wahana permainan air yang bisa dinikmati pengunjungnya. Tempat wisata ini mengusung konsep nuansa alam bali nan ekostis. Tempat ini juga didesain sebagai tempat permainan air berkelas dunia.

Objek Wisata seluas 3,4 hektar ini dapat menampung 7.000 pengunjung sehingga sangat cocok didatangi beramai-ramai bersama keluarga dan teman.

Sebagai tempat permainan air berkelas dunia, tentu Waterboom lippo cikarang ini mempunyai fasilitas lengkap dan dikelola dengan baik. Di sini terdapat berbagai wahana pemainan air baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Selain wahana permainan air,di waterboom lippo cikarang ini juga terdapat fasilitas spa, outbond dan juga fish therapy. Selain itu terdapat juga sebuah mini cottage yang bernama D’cabin tempat pengunjung bisa bersantai.

Bagi pengunjung yang ingin mengisi perut setelah bermain air, pihak waterboom juga menyediakan food court yang menjual aneka makanan.

Akses untuk menuju ke tempat wisata ini terbilang cukup mudah. Jika dari Jakarta. Bekasi, Maupn karawang, pengunjung bisa meunju ke tempat  ini melalui tol cikarang.

Pada hari biasa Waterboom lippo cikarang ini dibuka mulai pukul 9.00-17.00 wib dengan harga tiket 60.000 rupiah per orang. Sedangkan pada saat weekend atau hari libur, objek wisata ini buka mulai pukul 8.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk 90.000 rupiah per orang.

Info selengkapnya mengenai Waterboom Lippo Cikarang bisa dicek di sini

5. Pantai Muara Beting Bekasi

objek wisata di karawang dan bekasi

Banyak yang tidak tahu kalau di Bekasi kita juga bisa menikmati pantai. Pantai ini berjarak 42 km dari pusat kota Bekasi.

Di Pantai Muara Beting Bekasi ini terdapat kawasan cagar alam hutan bakau yang ada di pesisirnya. Di dalam cagar alam hutan bakau ini tinggal berbagai satwa burung dan primata serta buaya rawa.

Pantai muara beting di Bekasi ini terlihat seperti pantai-pantai kebanyakan di Indonesia Timur dan belum terjamah oleh manusia. Disini pengunjung dapat melihat Jajaran batu putih dan juga sabana yang ada di hutan mangrove pantai tersebut.

Pantai ini memang tidak mempunyai fasilitas yang lengkap selayaknya pantai-pantai yang lainnya. Namun fasilitas disini terbilang cukp untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung pantai seperti kamar mandi, mushollah dan rumah makan.

Pantai Muara Beting ini memang menjadi tempat objek wisata untuk bermain air yang tepat karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Lokasi pantai ini juga mudah dicapai dan  dapat ditempuh dari pusat kota bekasi sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket masuk untuk menikmati pantai muara beting ini adalah 20.000 per orang. Dengan tiket masuk ini pengunjung bisa mengunjungi pantai muara beting dan juga hutan konservasi mangrove serta hutan lindung migrasi burung yang ada di lingkungan pantai tersebut.

Itukah beberapa objek wisata di Karawang dan Bekasi yang bisa menjadi referensi liburanmu. Terimakasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa di share ya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top