Menjelajahi tempat wisata di Karimunjawa

Menjelajahi tempat wisata di Karimunjawa bisa juga menjadi pilihan untuk mengisi liburan akhir tahun kali ini bersama teman maupun keluarga. Kepulauan kecil yang ada di sebelah utara pulau jawa ini menghadirkan ekosotisme yang mampu menarik hati  wisatawan lokal dan mancanegara.

Ada sedikit cerita mengenai asal usul karimunjawa ini. Kepulauan karimunjawa ini ditemukan oleh sunan muria yang mencari sebuah pulau supaya anaknya, Amir Hasan dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya.

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa menjadi referensimu ketika berkesempatan menjelajahi tempat wisata di kamrimun jawa yang eksotis ini.

1. Pantai Ujung Gelam

Menjelajahi tempat wisata di Karimunjawa

Salah satu pantai di Karimmunjawa yang wajib dikunjungi ketika menjelajahi tempat wisata di karimunjawa adalah pantai ujung gelam, Pantai yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan karena merupakan spot terbaik untuk melihat pemandangan sunset di  karimunjawan

Hamparan pasir putih dan juga banyaknya terumbu karang yang terlihat jelas semakin menambah pesona pantai tanjung Gelam ini. Di pantai ini juga banyak terdapat pohon kelapa yang berderet rapih, namun ada 1 pohon kelapa yang miring ke laut dan merarik perhatian para wisatawan untuk berfoto.

Di pantai ini juga terdapat beragam penjual kedai makanan yang menjual beragam seafood bafi pengunjung yang ingin mengisi perut sampbil menikmati pantai. Pantai ini juga menywakan peralaran snorkelling dan juga penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Lokasi Pantai Ujung gelam ini berada di desa alang-alang dan hanya 5 km dari pusat kota karimunjawa. Jika ingin mengunjungi pantai ini, sebaiknya dilakukan sebelum jam 6 sore karena fasilitas penerangan di pantai ini sangat minim.

Tenang saja, Untuk memasuki pantai yang buka setiap hari setiap hari ini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk.

2. Pulau Menjangan kecil

Menjelajahi tempat wisata di Karimunjawa

Menjelajahi tempat wisata di Karimunjawa belum lengkap rasanya kalau tidak ke pulau menjangan kecil yang merupakan surga divingnya tanah jawa. Ketika menyelam di olau kecil di karimunjawa ini kita akan melihat terumbu karang yang indah dan juga ikan nemo yang lucu.

Hal pertama yang langsung terlihat ketika menginjakan kaki di pulau menjangan kecil hamparan pasir putih dan laut biru yang besih. Air lautnya yang bersih dan juga ombaknya yang juga tidak terlalu besar seakan-sakan mengajak untuk menyelam.

Tak perlu menyelam terlalu dalam untuk pengunjung bisa terumbu karang yang cantik dengan beragam warna dan ikan nemo yang lucu.

Jika ingin menginap di pulau ini, pengunjung bisa bermalam di berbagai tempat penginapan yang ada di tempat ini. Selain ini berbagai fasilitas lainnya untuk melengkapi kebutuhan pengunjung saat berikut juga sudah lengkap siediakan oleh pengelola.

Untuk menuju ke pulau menjangan kecil, penunjung bisa menggunakan kapal laiut untuk menyebrang dari pelabuhan jepara sekitar 5 jam perjalanan. Namun sayang nya kapal tersebut ada pada waktu tertentu saja, sehingga sebaiknya pengunjung perlu mencari tahu jadwal kapalnya terlebih dahulu.

3. Pulau Menjangan Besar

Menjelajahi tempat wisata di Karimunjawa

Selain pulau menjangan kecil, salah satu pulau lainnya yang wajib dikunjungi ketika menjelajah tempat wisata di karimunjawa adalah Pulau Menjangan Besar. Di pulau seluas 56 hektar ini terdapat penangkaran hiu dimana pengunjung juga bisa berenang dengan beberapa Jenis hiu yang ada.

Di pulau menjangan besar ini terdapat dua kolam penangkaran hiu yang  berisi  10 ekor hu muda dan 25 ekor hiu dewasa. Jenis hiu yang dikembangbiakan di pulau ini adalah hiu sirip hitam atau Charcarinus melanopterus dan juga hiu sirip putih atau Charcarodon carsharias.

Untuk mengunjungi penangkaran hiu ini pengunjung dikenakan diket masuk sebesar 40.000 rupiah per orangnya. Pengunjung juga tidak disarankan untuk masuk ke kolam hiu saat ramai atau high season karena dikhawatirnyan hiu nya menjadi agresif dan mengancam keselamatan pengunjung.

Selain hiu, di Pulau Menjangan Besar juga menjadi tempat penangkaran dan juga pengembangbiakan Penyu. Disini dapat kita lihat penyu sisik atau Eretmochelys imbricata dan juga penyu hijau atau Chelonia mydas yang memang tergolong langka.

Lokasi pulau menjangan besar ini dapat ditempuh hanya 15 menit dapat ditempuh kurang lebih 15 menit dari dermaga rakyat. Dari semarang juga bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan untuk menuju ke pelabuhan kartini di jepara untuk kemudian menyeberang ke karimunjawa.

Baca juga : Liburan ke Pulau Lombok

3. Bukit Love Karimunjawa

Menjelajahi tempat wisata di Karimunjawa

Semakin lengkap rasanya menjelajahi tempat wisata karimunjawa jika mengunjungi bukit love yang ada di dusun jatikerep yang ada di Karimunjawa. Pengunjung biasanya berwisata ke sini untuk berfoto di sebuah batu yang betuliskan love dengan latar belakang bukit dan juga lautan.

Selain panorama lautan lepas yang dapat kita lihar dari sini, juga terdapat hijaunya pohon ke;a[a yang membuat suasana semakin indah. Tak jauh dari tempat tesebut juga ada kafe yang bisa dikunjungi untuk berwisata kuliner untuk mengisi perut.

Ada cerita atau mitos yang beredar di kalangan masyarakat terkait bukit love karimunjawa ini. Jika seorang pasangan datang ke bukit love di karimunjawa ini maka cintanya akan abadi.. Benar atau tidaknya mitos tersebut silakan buktikan sendiri.

Tak jauh dari bukit love pengunjung juga akan menjumpai bukit yang bertiliskan kata karimunjawa yang juga bisa menjadi spot foto yang bagus. Tak hanya untuk foto saja, di sini juga merupakan spot yang sangat sempurna untuk menikmati sunset di gazebo yang sudah di sediakan.

Akses untuk menuju tempat ini juga sangat mudah ditempuh dari pusat kota karimun jawa, yaitu sekitar 5-10 menit perjalanan menggunakan kendaraan.  Untuk masuk kesini, pengunjung cukup mengeluarkan uang 10.000 rupiah untuk tiket masuk sekaligus voucher belanja oleh-oleh di sana.

4. Pantai Nirwana

Menjelajahi tempat wisata di Karimunjawa

Pelengkap terakhir sebagai rekomendari menjelajahi tempat wisata di karimunjawa adalah pantai nirwana. Pantai nirwana merupakan pantai terpanjang yang ada di pulau karimunjawa. Suasana pantai ini juga tak jauh berbeda dengan pantai karimunjawa lainnya yang mempunyai pasir putih dan air laut yang jernih.

Di pantai seluas 20 hektar ini pengunjung juga bisa melihat keindahan pantai dan juga beragam spesies yang ada di lautnya. Susunan terumbu karangnya yang rapid an indah menambah kecantikan pantai tersebut.

Ombaknya yang cukup tenang serta banyaknya hewan laut yang terdapat di pantai ini menjadikan pantai ini sangat cocok untuk aktivitas berenang, snorkeling, maupun menyelam. Fasilitas penyewaan alat-alatnya juga ada tersedia di pantai ini.

Bagi yang ingin bermalam di pantai ini juga ada penginapan atau resort yang cukup terkenal disana, yaitu Nirwana resort. Area hotel ini memang sangat strategis tempatnya dan merupakan salah satu hotel terbaik di karimunjawa.

Demikianlah 5 tempat yang bisa menjadi rekomendasimu dalam menjelajahi tempat di karimunjawa. Semoha artikel ini dapat membantu dan jangan lupa juga untuk menjelajahi tempat wisata di karimunjawa lainnya.

Terimakasih sudah membaca. Silakan tinggalkan comment atau share artikel ini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top