Liburan ke Pulau Lombok

Liburan ke pulau lombok kini sudah menjadi pilhan bagi banyak orang, baik sendiri, bersama pasangan, keluarga, maupun pacaran. Pulau di Nusa Tenggara Barat ini memang memiliki keeksotisan alami yang mampu memikat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa menjadi rekomendasi ketika liburan ke pulau Lombok.

1. Kepulauan Gili

Liburan ke Pulau Lombok

Belum bisa dikatakan liburan ke pulau lombok kalau tidak mengunjungi Gili atau pulau-pulau kecil yang lokasinya tak jauh dari pulau tersebut. Tiga gili yang paling terkenal dan populer di kalangan wisatawan adalah Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Diantara 3 Gili tersebut yang paling besar dan sering dikunjungi wisatawan adalah gili trawangan yang berlokasi di kawasan pantai Barat lombok. Salah satu kelebihan yang ada di Gili Trawangan ini adalah kita dapat melihat sunrise dan juga sunset karena pulau ini mmempunyai pantai yang menghadap ke timur dan barat

Fasilitas yang ada di Gili Trawangan inipun juga sudah lengkap untuk memenuhi kebutuhan para turis. Aktivitas yang bisa dilakukan para wisatawan di Gili Trawangan ini antara lain scuba diving, snorkeling, kayak, selancar.

Gili air merupakan Gili yang paling dekat dengan pulau lombok jika dibandingkan dengan Gili Trawangan maupun Gili Meno. Di gili air ini kira dapat melihat beraneka ragam hewan laut seperti kuda laut, kura-kura, ikan, dan lainnya.

Fasilitas di Gili Air ini yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan pun juga sudah cukup lengkap . Untuk Menuju Ke Gili Air ini pengunjung dapat menggunakan kapal dari pelabuhan bangsal di lombok dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Gili Meno adalah Gili yang terkecil diantara Gili trawangan dan Gili air. Di gili ini terdapat taman burung yang menjadi tempat tinggal dari beragam burung asli Indonesia mapun mancanegara.

Gili Meno ini juga sangat cocok  snorkelling karena airnya yang masih sangat jernih dan masih banyak terdapat hewan laut.  Di Gili Meno ini juga terdapat Gili Meno wall dimana pengunjung bisa melihat penyu berenang di pagi hingga sore hari.

Baik Gili Trawangan, Gili Air, Maupun Gili Meno semuanya bebas dari kendaraan bermotor. Sebagai Gantinya, pengunjung bisa menyewa sepeda ataupun cidomo, yaitu delman khas lombok untuk berkeliling.

2. Gunung Rinjani

Liburan ke Pulau Lombok

Gunung yang berlokasi di lombok ini merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.  Gunung rinjani ini merupakan salah satu gunung favorit  para pendaki, dan biasanya pendakian dilakukan antaea bulaan Juni hingga Agustus.

Di gunung ini kita akan melihat Padang savana yang hijau sepanjang kurang lebih 6 kilometer dengan rumput yang tumbuh menjulang. Padang savana ini merupakan salah satu jalur pendakian gunung rinjani yang sangat cocok bagi pendaki pemula.

Jika pengunjung ingin beristirahat dan juga memulihkan tenaga sebelum mendaki ke puncak rinjani, penggunjung bisa mendirikan tenda di Palawangan Sembalun. Di sini pengunjung beristirahat sambil menikmati sunset dan juga dapat melihat pemandangan pulau lombok.

Selanjutnya kita juga akan melihat Danau Segara anak yang warna airnya sangat jernih dan pemandangan alamnya yang mempesona. Danau ini berada di ketinggian 2.010 mdpl dengan kedalaman 230 meter dan luas kurang lebih 1.100 hektar.

Dan yang terakhir tentu saja adalah puncak gunung rinjani yang menjadi tujuan semua pendaki. Di puncak ini kita bisa melihat pemandangan menakjubkan dari pulau lombok dan juga sumbawa yang membuat siapapun terkagum.

3. Pantai Pink, Lombok

Liburan ke Pulau Lombok

Liburan ke Lombok belum terasa lengkap kalau tidak ke berkunjung Pantai Pink atau Pantai Tangsi. Pantai Pink di Lombok ini adalah salah satu dari 7 pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna Pink.

Warna pink yang ada di pantai tersebut terbentuk dari butir pasir pantai putih dengan serpihan kerang yang berwarna merah muda. Untuk mendapatkan bias maksimal dari warna ink pasir tersebut, pengunjung bisa datang pagi hingga sore hari saat musim kemarau.

Ombak di pantai ini yang cukup tenang bisa membuat wisatawan lebih merasa aman ketika membawa anak-anaknya bermain di sini. Letak pantai ini yang jauh dari pusat kota juga membuat keindahan alaminya terjaga.

Untuk menikmati pemandangan Pantai secara keseluruhan, pengunjung bisa menaiki bukut yang terdapat di sebelah kiri pantai. Di sisi kanan pantai terdapat sebuah tanjung yang menyediakan Gazebo untuk pengunjungnya bersantai menikmati pantai ini.

Aktivitas lainnya yang bisa di lakukan di pantai ini adalah Snorkeling, memancing dan menyelam. Namun untuk melakukan aktivitas tersebut pengunjung harus membawa peralaannya sendiri karena di pantai tersebut tidak disewakan peralatan snorkelling.

Untuk menuju lokasi ini pengunjung dapat berkendara selama kurang lebih dua jam perjalanan dari kota mataram.  Petunjuk yang dipasang untuk menuju ke pantai inipun juga sudah terpampang cukup jelas, hanya saja pengunjung harus berhati-hati karena kondisi jalanannya kurang baik

Untuk masuk ke pantai Pink ini pengunjung lokal dikenakan biaya 10.000 rupiah dan turis asing 50.00 rupiah.

 4. Pantai Kuta, Mandalika

Liburan ke Pulau Lombok

Pantai yang memiliki nama yang sama dengan pantai yang ada di Bali ini  juga menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan ketika liburan ke pulau lombok. Pantai ini terntu memiliki pesonanya tersendiri yang tak kalah indah dari pantai kuta di Bali.

Pantai Kuta di lombok ini memiliki pasir putih dan juga pepohonan rindang yang membuat panorama pantai ini menjadi semakin indah. Di pantai ini juga disediakan Gazebo agar penunjung semakin nyaman bersantai di pantai.

Selain itu pantai ini juga mempunyai ombak yang cocok untuk berselancar dan juga pemandangan bawah laut yang indah. Di sini tentunya pengunjung bisa melakukan snorkelling, selancar, berenang ataupun menikmati sunset.

Beragam Fasilitas seperti tempat penyewaan alat snorkelling, papan surfing maupun rumah makan dan juga penginapan semua tersedia lengkap di wilayah pantai ini. Di sini Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas paralayang di bukit Mandalika yang tak jauh dari pantai tersebut.

Di Bukit Mandalika ini juga kita juga bisa melihat keindahan pemandangan pantai kuta dengan lebih jelas lagi. Nama Mandalika sendiri diambil dari nama seorang putri raja yang menceburkan diri dari bukut terseebut ke laut karena banyaknya pangeran dan juga pemuda yang ingin  menikahinya.

Di pantai ini setahun sekali juga diadakan upacara tahunan suku sasak yang bernama bau nyale. Dalam upacara ini, para pelaut beramai-ramai mencari cacing nyale yang selama ini dipercaya sebagai wujud penjelmaan dari Putri Madalika.

Lokasi Pantai Kuta ini dekat dengan Bandara Internasional Lombok dan memakan waktu tempuh perjalanan 1,5 jam menggunakan kendaraan.. Untuk menuju ke pantai kuta Lombok ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, namun jika membawa pribadi dikenakan biaya parkir sebesar 5.000 sampai dengan 10.000 rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top