Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Paling Populer

Berkunjung ke jawa tengah bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburanmu nanti. Benyak sekali destinasi wisata jawa tengah yang paling populer yang sayang untuk tidak dikunjungi ketika berada disini.

Berikut adalah beberapa  rekomendasi tempat wisata di jawa tengah yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Jawa Tengah.

1. Candi Borobudur, Magelang

destinasi wisata jawa tengah yang paling popule

Salah satu destinasi wisata jawa tengah yang paling populer di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara adalah candi borobudur. Candi yang mempunyai banyak relief yang terukir indah ini pernah dinobatkan sebagai salah salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Candi dengan luas 15.130 m2 dengan tinggi sebesar 35 meter ini juga disebut-sebut sebagai salah satu candi budha terbesar di dunia. Ya, banyak umat budha dari berbagai dunia datang ke candi ini untuk beribadah, terutama juga ketika peringatan hari-hari besar umat budha.

Candi ini dibangun oleh dinasti syailendra pada abad ke 780 hingga 840 masehi untuk pemujaan budha dan tempat ziarah. Struktur candi ini berbentuk kotak dengan titik pusat berbentuk lingkaran, dan terbagi menjadi menjadi 3 zona yaitu Kamandhatu, Rupadhatu dan juga Aruphadatu.

Zona Kamandhatu digambarkan sebagai alam dunia yang terlihat dan yang sedang dialami oleh manusia. Di zona ini terdapat 160 relief yang menjelaskan tentang Karmawibhangga Sutra atau hukum sebab akibat, yang menggambarkan dari sifat dan nafsu manusia.

Zona rupadhatu menggambarkan alam peralihan dimana manusia sudah dibebaskan dari berbagai nafsu dunia, tetapi masih terikat oleh rupa dan bentuk. Di zona rupadhatu ini 1,300 gambar relief dengan panjang relief seluruhnya sekitar 2,5 kilometer dengan 1212 panel.

Zona Arupadhatu ini menggambarkan alam yang paling tertinggi atau alam tanpa rupa, sehingga di zona ini kita tidakakan menemukan berbagai relief. Arupadhatu ini juga disebut sebagai tempat persemayaman para dewa, dan digambarkan berbentuk bulat dengan 3 tingkat yang semakin ke atas semakin kecil.

Lokasi Candi Borobudur ini berada di kota Magelang, yang berjarak sekitar 91 km dari ibu kota jawa tengah, Semarang. Untuk masuk ke candi Borobudur ini pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 20.000 hingga 40.000 rupiah per orangnya..

Pengunjung dapat berwisata ke candi borobudur ini setiap hari mulai jam 6 pagi hingga 5 sore. Untuk info lebih lanjut dan juga pemesanan tiket bisa ke sini

2. Lawang Sewu, Semarang

Destinasi wisata di jawa tengah yang paling populer

Destinasi wisata jawa tengah paling populer lainnya yang wajib dikunjungi adalah lawang sewu atau dalam bahasa Indonesia artinya seribu pintu. Ya, tempat wisata ini mempnyai banyak pintu, yang walau jumlahnya tersebut hanya sejumlah 342 saja, tidak sampai berjmlah seribu.

Gedung Lawang Sewu yang dibangun pada tahun 1904 ini dahulu merupakan markas Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij atau badan perkeretapian Belanda.  Pada masa penjajahan jepang, gedung inipun menjadi saksi bisu pertempuran antara pemuda AMKA atau Angkatan muda kereta Api melawan tentara Jepang.

Setelah Indonesia merdeka, gedung yang kini sudah berusia ratusan tahun inipun juga pernah menjadi markas PT KAI atau PT Kereta Api Indonesia. Karena di gedung ini mempunyai banyak sejarah seputar perkeretaapian, disinipun kita juga bisa menemukan museum kereta api untuk pengunjung mengetahui berbaagi sejarah tentang perkeretaapian.

Lokasi lawang sewu ini cukup strategis untuk dijangkau baik kendaraan pribadi maupun umum, yaitu di sekitaran bundaran tugu muda semarang.

Jam operasional untuk berkunjung ke Gedung laang sewu adalah setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB, Sedangkan harga tiket masuk yang ditawarkan berkisar 5.000 hingga 10.000 per orangnya,

Baca juga : Berwisata ke Negeri Di atas Awan Dieng

3. Baturaden, Banyumas

Destinasi wisata di jawa tengah yang paling populer

Baturaden merupakan Destinasi wisata jawa tengah paling populer, khususnya di Kabupaten Banyumas. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam nan hijau yang cantik serta udaranya yang masih segar.

Nama baturaden ini sendiri berasal dari sebuah legenda yang ada di masyarakat di daerah tersebut. Legenda tersebut menceritakan seorang putra raja atau raden yang jatuh cinta dengan seorang pembantu atau batur, namun karena tidak direstui kedua orang tuanya merekapun memilih mengakhiri hidupnya di tempat ini.

Di tempat wisata baturaden seluas 45 km2 ini pengunjung bisa menjelajahi maupun berkemah di hutan alam wana wisata baturaden. Selain itu, pengunjung juga bisa mandi di permandian air panas pancuran pitu dan juga menonton teater di pesawat forex 28 milik Garuda Indonesia.

Di tempat wisata baturaden ini juga terdapat kebun binatang untuk wisata edukasi yang bernama Taman Kaloka Widya Mandala. Kebun binatang ini memiliki beragam koleksi satwa dari dalam maupun luar negeri, dan juga museum yang mengkoleksi kerangka beragam satwa,

Untuk menuju ke lokasi wisata baturaden ini jalurnya cukup mudah, namun perlu berhati-hati karena jalur tersebut mempunyai tanjakan yang tajam. Jarak tempat wisata ini dari pusat kota purwokerto ini sekitar 15 km sehingga bisa ditempuh sekitar 15 menit berkendara.

Harga tiket masuk untuk berkunjung ke tempat wisata baturaden ini adalah berkisar 14.000 rupiah per orangnya. Sedangkan untuk jam operasionalnya, tempat wisata baturaden ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 8.00 hingga 17.00 wib.

4. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Destinasi wisata di jawa tengah yang paling populer

Ya, keraton ini sebenarnya masih merupakan tempat tinggal keluarga Kasunanan surakarta dan juga menjadi salah satu ikon kebanggaan kota Solo. Keraton ini juga mempunyai museum tempat menyimpan koleksi kerajaan seperti replika pusaka keraton, barang2 pemberian raja eropa dan juga perangkat gamelan.

Keraton Surakasrta ini dibangun oleh Sultan Paku Buwana II sebagai pengganti keraton kastasuea yang hancur karena pemberontakan Trunajaya tahun 1677. Istana baru ini juga menjadi saksi bisu atas penyerahan kerajaan Mataran oleh VOC tahun 1749 dengan ditandatanganinya perjanjian giyanti.

Di salah satu pojok halaman di keraton kasunan ini terdapat sebuah bangunan bernama panggung sanggabuwana. Bangunan berlantai 5 dengan tinggi 36 meter ini dahulu merupakan gedung tertingi di surakarta, dimana sering digunakan para raja untuk bersemedi.

Selain untuk tempat bersemedi, di tempat ini juga digunakan para raja yang berkuasa untuk mengawasi aktivitas musuh.

Berbagai upacara khas keraton Surakarta seperti grebeg, sekaten, malam satu suro, kirab pusaka dan tarian juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Upacara khas keraton ini biasa diadakan pada hari-hari tertentu seperti saat maulid Nabi, bulan Syawal, maupun tanggal 1 Muharram.

Lokasi di keraton Surakarta cukup sejuk di siang hari karena di halaman tersebut berderet puluhan pohon sawo kecik yang wimbun. Selain itu ketika menuju ke samping pedompo, kaki kitapun dibuat nyaman dengan halaman yang bertabur pasir dan tebeu dari pantai parangkusumo dan juga gunung merapi.

Untuk memasuki keraton ini harga tiket masuknya  10.000-15.000 rupiah perorang, dan bagi yang ingin berfoto dikenakan tambahan biaya 5.000 rupiah. Sedangkan Jam buka keraton buka dari hari senin-kamis pukul 09.00-14.00 WIB , sabtu-minggu hingga 15.00 WIB dan hari jumat keraton libur.

Demikianlah beberapa destinasi wisata di Jawa tengah yang paling populer di kalangan wisatawan yang bisa kamu kunjungi ketika liburan nanti. Semoga bermanfaat ya, dan juga jangan lupa comment dan juga share artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top