Berwisata ke Negeri Diatas Awan Dieng

Keindahan alam di dataran tinggi dieng tentu sudah diketahui oleh banyak orang. Bahkan beberapa wisatawan mengatakan bahwa Kota Dieng itu layaknya Negeri di atas awan. Apa saja objek wisata yang bisa kita temui ketika berwisata  ke negeri diatas awan Dieng ini? Yuk, kita telusuri beberapa tempat wisata nya.

1. Bukit Sikunir

Bukit ini banyak di datangi para wisatawan untuk melihat sunrise atau matahari terbit. Konon katanya sunrise di bukit sikunir ini merupakan  sunrise yang terindah di Asia Tenggara.

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan, kabupaten Wonosobo. Desa ini juga disebut-sebut sebagai desa yang tertinggi di Indonesia.

Para Pengunjung dapat menggunakan kendaraan mereka unruk dapat sampai ke kaki bukit ini. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki bukit. Untuk mendaki bukit ini pengunjung harus berjuang melewati tangga bukit yang cukup tinggi. Namun tentunya perjuangan yang melelahkan itu pun akan terbayarkan dengan panorama pemandangan alam yang indah ketika sudah tiba di atas bukit.

Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk dan hanya perlu membayar uang parkir saja jika membawa kendaraan.

2. Kawah Sikidang

kawah sikidang

Tempat wisata favorit di dieng selanjutnya adalah kawah Sikidang. Lokasi Kawah ini tak jauh dari bukit sikunir.

Di tempat ini tentu kita bisa melihat pemandangan gumpalan asap yang keluar dari mulut kawah ini, namun sama seperti di kawah lainnya, pengunjung juga disarankan untuk membawa atau menggunakan masker karena asap di kawah tersebut mengandung kadar belerang yang cukup tinggi.

Di kawah Sikidang ini juga terdapat banyak pedagang yang menjual telur mentah yang dapat direbus di salah satu titik di kawah ini hanya dalam 5 menit. Selain telur, banyak pula para pedagang di sana yang menjajakan berbagai kerajinan profesional khas Dieng.

Untuk menikmati kawasan kawah yang indah ini, oengunjung dikenakan biaya tiket masuk 10.000 rupiah dan tiket masuk ini juga bisa digunakan sebagai tiket masuk untuk ke candi arjuna. Jam operasional kawah ini dibuka dari jam 8.00 pagi hingga jam 16.00 sore

3. Candi Arjuna

Setelah dari kawah sikidang, pengunjung bisa mengunjungi candi arjuna sebagai destinasi wisata berikutnya di kota Dieng.

Candi ini didirikan pada masa kerajaan mataram kuno pada awal abad 9 Masehi untuk menyembah Dewa Siwa, salah satu dewa trimurti dalam kepercayaan umat hindu. Di kompleks candi arjuna ini juga terdapat beberapa candi lainnya yang berjajar lurus seperti Candi Semar, Punta Dewa,dan Sembrada.

Di kompleks candi Arjuna ini juga terdapat taman yang tempa dimana pengunjung dapat bersantai dan bercengrama. Di siini setiap tahunnya juga diadakan Dieng cultul festival setiap tahunnya dimana salah satu acaranya adalah upacara ruwatan untuk anak di Dieng yang berambut gimbal

4. Telaga Warna

Destinasi wisata ini juga tak kalah ramainya dengan destinasi wsata di Dieng lainnya. Sesuai dengan namanya, salah satu keunikan dari telaga ini adalah airnya yang dapat berubah warna menjadi putih, kuning, hijau, maupun biru jika terkena sinar matahari.

Warna air di telaga yang terletak di ketinggian 2000 mdpl ini bisa berubah-ubah dikarenakan telaga tersebut mempunyai kandungan sulfur yang tinggi. Telaga ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan sejuk, serta bunga buna hortensia di pinty masuknya yang setiap hari selalu bermekaran

Di pinggiran telaga tersebut terdapat jugajembatan kecil yang dapat menjadi tempat untuk berfoto. Telaga ini dibuka setiap harinya ulai pukul 8.00 pagi sampai 17.30 sore dengan harga tiket masuk yang dikenakan sebesar 10.000 oer orangnya

5. Dieng Plateu Theater

Jika ingin mengetahui lebih lengkap mengenai sejarah kota Dieng, Dieng pateu theater bisa menjadi tempat yang tepat. Di sini akan ditayangkan film dokumenter seputar kota Dieng yang berjudul Bumi Khayangan Dieng Plateu dengan durasi selama kurang lebih 20 menit. Nama Plateu sendiri diambil dari kata plato yang berarti dataran tinggi. Tempat ini memiliki kapasitas tempat duduk untuk 60 orang.

Ada baiknya Dieng Plateu theater ini menjadi tempat destinasi pertama sebelum melanjutkan ke tenmpat destinasi wisata di dieng selanjutnya supaya kita lebih mengenal terlebih dahulu mengenai dataran tinggi Dieng.

Baca juga : :Pantai di Jogjakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi

6. Batu Ratapan Angin

Untuk melengkapi destinasi wisata di Dieng, tidak ada salahnya untuk mengunjungi batu ratapan angin. Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Batu Padang Dieng

Tempat ini dinamakan batu ratapan angin karena di tempat ini kita bisa merasakan suara siulan unik seperti ratapan yang dihasilkan oleh hembusan angin yang menembus dedaunan diantara dua bebatuan di bukit tersebut.

Kedua bebatuan tersebut dihibungkan oleh sebuah jembatan yang diberi nama jembatan merah putih yang mulai diresmikan tanggal 4 Mei 2016.

Batu ratapan angin ini juga banyak spot foto menarik untuk di explore oleh para pengunjung yang mempunyai hobi fotografi. Namun karena area nya tidak terlalu luas jadi sebaiknya harus berhati-hati karena resiko terjatuh bisa saja terjadi akibat berdesakan

7. Gunung Prau

Berwisata ke Negeri Diatas Awan Dieng

Gunung yang mempunyai ketinggian 2.565 metere diatas permukaan laut ini mempunyai bentuk seperti perahu, sesuai dengan namanya.

Tentu salah satu hal yang bisa kita nikmati di sini adalah pemandangan sunrise dan juga sunset yang tidak perlu ditanyakan keindahannya. Dan waktu yang tepat untuk mendaki dan menikmati gunung prau ini adalah musim kemarau, karena pada musim hujan jalur pendakian tebilang agak sulit dan berbahaya untuk dilalui karena licin.

Jalur pendakian ke Gunung Prau ini bisa ditempuh dari jalur utara melalui Desa Ginting Gunung, Desa Balong, dan Desa Kenjuran yang ada di Kabupaten Kendaldengan jarak tempuh sektiar 6 jam. Selain itu bisa juga melalui jalur selatan melewati dataran tinggi dieng maupun Desa Patak Banteng yang perjalanannya hanya memakan waku tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan.

8. D’ Qiano Hot spring water park

Tempat ini merupakan satu-satunya tempat wisata pemandian air panas di Dieng. Selain itu tempat ini juga merupakan satu-satunya waterpark yang ada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut

Di tempat yang diresmikan sejak april 2015 ini tersedia wahana permainan air yang cukup lengkap seperti kolam air panas kolam untuk anak dan balita, kolam semi olympic dan juga kolam arus. Selain itu, ada pula fasilitas outbond seperti flying fox, jembatan tali, spider web, paint ball, dan masih banyak lagi.

Bagi pengunjung yang ingin mencari makan ataupun menginap, pengelola juga menyediakan rumah makan dan juga penginapan untuk beristirahat dan bermalam dengan suasana yang hangat dan bersahabat.

Harga masuk untuk ke tempat ini adalah sebesar 30.000 rupiah per orang, dan jam oprerasionalnya dari jam 8.00 pagi hingga 18.00 sore.

Demikianlah beberapa tempat wisata yang bisa menjadi pilihan ketika berkunjung ke Dieng. Semoga bermanfaat dan terimakasih terlah membaca

               

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

scroll to top